SELAMAT DATANG DI WEBSITE KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN LAMPUNG (0721) 7697026


Penanaman Mangrove Dalam Rangka HUT Basarnas ke 50


Pesawaran – Kantor Pencarian dan Pertolongan bekerja sama dengan HNSI dan Balai Persemaian Tanggamus mengadakan acara penanaman mangrove dalam rangka memeriahkan HUT Basarnas ke 50 tahun. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 5 Februari 2022 di Balai Besar Perikanan dan Budidaya Laut Lampung.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Komite II DPD RI (Senator Asal Lampung) Dr. H. Bustami Zainudin, S.Pd., M.H., Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, S.E., M.M., Wakil Direktur Polair Polda Lampung Kompol Kisron, Bupati Pesawaran yang diwakili oleh Staf Ahli Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Bp. Mustari beserta jajaran forkopimda Kabupaten Pesawaran, anggota Dit Sabhara Polda Lampung, Lanal Lampung, perwakilan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Lampung, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Lampung yg diwakili oleh Kabag Operasional Panji Akbar, Ketua HNSI Provinsi Lampung Bayu Witara, Ketua Forum Rescue Relawan Lampung (FRRL) Aris Suryono, Ketua HNSI Kota Bandar Lampung, Ketua HNSI Kab. Pesawaran Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung Jumaril, S.E., M.M. beserta jajaran, anggota Dharma Wanita Persatuan UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril, S.E., M.M., menyampaikan bahwa penanaman mangrove ini merupakan salah satu bentuk partisipasi Basarnas dalam mitigasi bencana di wilayah pesisir Lampung, dan juga merupakan upaya untuk menjaga kelestarian biota laut di kawasan pantai. Pada penanaman mangrove ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung bekerja sama dengan HNSI kab. Pesawaran akan melaksanakan penanaman sebanyak 5.000 bibit mangrove di perairan wilayah kab. Pesawaran.

 

“Hutan Mangrove diyakini sangat efektif sebagai penahan gelombang laut dan sebagai benteng apabila daerah tersebut terjadi tsunami.” Ujar Jumaril.  Selain itu pada HUT Basarnas ke 50 tahun ini kita bertekad untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik terutama di bidang pencarian dan pertolongan atau SAR.

Wakil Ketua Komite II DPD RI Dr. H. Bustami Zainudin, S.Pd., M.H. menyampaikan selamat ulang tahun ke 50 tahun kepada Basarnas. Selain itu beliau juga menyampaikan setiap stakeholder yang terkait di bidang SAR ini akan mendukung dan ikut serta dalam kegiatan penanaman mangrove tersebut. “Semua yang terlibat dalam kegiatan ini mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mencegah terjadinya bencana alam di wilayah pantai atau perairan di provinsi Lampung.” Ujar Bustami.

“Selain itu dari DPD RI ini akan menyusun regulasi untuk memberikan sanksi dan sebagai efek jera kepada pihak pihak yang merusak lingkungan. Karena lestari alam ini kita semua yang akan menikmati.” Tambah Bustami. (hms)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Agenda Pusat .
Pengunggah : lampungadmin
6 February 14:15 WIB